Saturday, June 9, 2012

BAHAYA OPERASI PLASTIK


  Bahaya Operasi Plastik - Penampilan menarik adalah modal terbesar dalam kepercayaan diri seseorang, baik pria maupun wanita. Seseorang cenderung akan lebih percaya diri jika memiliki apa yang menurut orang lain indah, misalnya kulit putih, hidung mancung, bibir sensual dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan kesempurnaan tersebut terkadang seseorang bersedia melakukan apa saja, termasuk melakukan Operasi Plastik.
Tidak sedikit orang yang memilih Operasi Plastik untuk mengubah apa yang ia miliki menjadi bentuk yang lebih indah menurutnya daripada harus tampil apa adanya. Orang-orang tersebut cenderung tidak menyadari bahwa apa yang mereka miliki sebenarnya jauh lebih indah, karena terkadang apa yang menurut orang lain indah itu, belum tentu cocok dengan diri kita. Padahal memilih Operasi Plastik itu bukan hal yang gampang, karena terkadang justru membawa akibat buruk. Untuk itu, bagi yang pengen kecantikan atau ketampanan dari Operasi Plastik, perlu Waspada Bahaya Operasi Plastik.
Jika anda ingin lebih cantik dengan melakukan operasi plastik, sebelum anda memutuskannya sebaiknya kenali beberapa macam fakta tentang operasi tersebut karena melakukan operasi pasti selalu memiliki resiko. Untuk itu pikirkanlah dengan sangat matang, sebelum anda memutuskan untuk melakukan Operasi Plastik. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari hanya gara-gara membuat keputusan yang salah. Sehingga anda harus Waspada Bahaya Operasi Plastik. Jika Anda berniat untuk melakukannya, sangat dianjurkan untuk mengenali faktanya yang benar terlebih dahulu. Berikut adalah cuplikan dari buku A Little Work : Behind The Doors Of A Park Avenue Plastic Surgeon yang ditulis oleh seorang dokter spesialis bedah plastik kenamaan dari Amerika Serikat, yaitu Dr. Z.Paul Lorenc, MD.

  • Semua operasi plastik selalu meninggalkan bekas jahitan
Ingatlah bahwa semua operasi, termasuk operasi plastik, selalu menggunakan metode pembedahan yang kemudian harus dijahit kembali. Ini pasti akan meninggalkan bekas. Memang kini teknik menyembunyikan bekas jahitan sehingga nampak samar telah berkembang canggih, tetapi tetap saja yang namanya pembedahan yang disusul dengan penjahitan selalu akan menimbulkan bekas.
  • Liposuction (sedot lemak) tidak akan menghilangkan selulit
Operasi sedot lemak atau dikenal dengan istilah lipo memang membuat tubuh nampak lebih ramping, terutama bagian yang membandel terhadap diet dan olahraga. Tapi tahukah Anda bahwa operasi ini bukan saja sia-sia untuk menghilangkan selulit, tapi malah bisa memperburuk tampilan selulit tersebut? Hal ini terjadi jika jumlah lemak yang disedot terlalu banyak sehingga kulit justru makin berkerut.

Asosiasi Dokter Bedah Plastik di Amerika Serikat (American Society of Plastic Surgeons) membatasi maksimal jumlah lemak yang dapat disedot yaitu 6 pon tiap kali operasi sedot lemak, tidak lebih dari itu. Lebih dari jumlah tersebut akibatnya bisa fatal.
  • Liposuction dapat menyebabkan kematian
Tentunya semua prosedur pembedahan, apapun jenisnya, selalu memiliki resiko. Untuk lipo, jika dokter menyedot terlalu banyak lemak, berarti cairan tubuh serta darah yang tersedot pun akan sangat banyak (sepertiga dari bahan yang keluar dari tubuh ketika operasi sedot lemak adalah darah). Terlalu banyak keluar lemak, darah serta cairan menyebabkan pasien shock, yang mngakibatkan gagalnya kerja jantung. Sebelum melakukan operasi ini tanya pada dokter berapa banyak lemak yang akan dikeluarkan.
  • Semua operasi plastik akan menimbulkan rasa sakit
Berikut adalah beberapa jenis bedah plastik yang dirasa paling sakit:

o Abdominoplasty/Tummy tuck: Mengencangkan perut
o Breast Augmentation: Pembesaran payudara, karena bahan penambah ukuran (baik yang terbuat dari silikon maupun saline) harus diletakkan dibawah otot-otot dada yang berarti otot-otot tersebut harus dipotong terlebih dahulu.
o Full Face Laser: sinar laser yang kuat digunakan untuk menghapuskan kerutan serta bekas luka. Karena kekuatannya, efeknya sama dengan luka bakar serius (second degree burn) pada kulit.
o Thigh Lift: Mengencangkan paha
o Body Lift: Mengencangkan seluruh tubuh, karena dokter harus mengiris kulit tubuh dalam jumlah yang besar.
  • Jenis operasi plastik yang sangat tidak dianjurkan
Ada beberapa jenis operasi yang seharusnya dihindari, yaitu :
o Butt Implant: Operasi penambah ukuran pantat. Menyusupkan bahan pembesar seperti silikon atau saline pada otot pantat selain menghasilkan bentuk yang tidak alami, juga resikonya sangat tinggi. Alasannya karena pantat setiap saat selalu diduduki, sehingga resiko silikon/ saline untuk pecah sangatlah tinggi! Selain pecah, resiko lainnya adalah adanya kemungkinan silikon/saline tersebut untuk bergeser ke tempat lain karena sering diduduki.

o Lip Impant: Operasi menebalkan bibir, dengan bahan silikon maupun Gore-Tex. Hasilnya adalah bentuk bibir tebal yang sangat tidak alami. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya maka kedua bahan ini sangat sukar untuk dikeluarkan karena sifatnya permanen. Oleh karena sulit biaya memperbaikinya sangat mahal, belum lagi resiko bibir luka dan rusak.

o Buccal fat pads removal: Pengangkatan kantung lemak pada pipi untuk kesan tulang pipi yang tajam /tinggi. Ketika usia bertambah maka secara alami wajah akan mengurus. Jika Anda melakukan operasi ini maka lama kelamaan wajah akan nampak sangat kempot, dan sampai saat ini belum ada cara untuk mengembalikan lemak tersebut ke pipi.


Selain itu, untuk Waspada Bahaya Operasi Plastik ada beberapa hal yang patut diingat :
  1. Tanya secara terperinci segala resiko yang mungkin timbul. Lihat foto-foto hasil operasi yang pernah dilakukannya. Jika ia menolak, itu tanda bahaya untuk Anda.
  2. Tanyakan juga kemampuan dokter anestesi (ahli bius) yang akan menangani operasi, karena proses pembiusan sama bahayanya dengan proses pembedahan.
  3. Bedah plastik tidak akan bisa menghentikan proses penuaan maupun daya tarik bumi. Sepuluh tahun setelah itu wajah akan tetap nampak menua.
  4. Selalu pilih dokter yang terbaik. Jangan mudah terbujuk rayu dengan segala macam diskon maupun potongan harga. Dan yang paling penting adalah JANGAN pernah melakukan operasi plastik selain dengan dokter ahli bedah plastik, misalnya melakukan di salon kecantikan, spa maupun orang yang bukan dokter ahli bedah plastik.lngat bahwa taruhannya bukan hanya kecantikan wajah atau tubuh semata tapi nyawa Anda!

No comments:

Post a Comment

Daftar Isi